Belajar Mikrotik - Cara Mengakses Mikrotik

Belajar Mikrotik - Cara Mengakses Mikrotik 
Mikrotik - Perangkat Mikrotik dapat diakses dengan berbagai cara dan media , Dan cara akses Mikrotik ini pun berbeda-beda. Ada 4 Cara Mengakses Mikrotik Router, Antara lain :

1. Via Web Browser 


Mikrotik bisa juga di akses via web port 80 pada browser. Contoh : Ketik di browser IP mikrotik kita : 192.168.1.10




2. Via Winbox

Via Winbox mikrotik bisa juga diakses/remote menggunakan tool winbox (utility kecil di windows yang sangat praktis dan cukup mudah digunakan). Winbox merupakan tool untuk meremote Mikrotik yang paling popiler karena selain mudah juga dapat menampilkan menu - menu pada Mikrotik secara GUI.


Winbox bisa mendeteksi mikrotik yang sudah di install asal masih dalam satu network, yaoti dengan mendeteksi MAC address dari ethernet yang terpasang di Mikrotik. Untuk bisa mengakses mikrotik menggunakan winbox bisa dengan menggunakan IP Address Mikrotik maupun MAC Addressnya . 

3. Via Console / Command Mikrotik 

Mikrotik bisa kita akses langsung via console/shell maupun remote akses menggunakan PUTTY. Caranya tinggal masukkan alamat IP Mikrotik ke kolom Host Name nya PUTTY. 


4. Via Telnet 

Kita dapat me-remote MikroTik Menggunakan telnet melalui program aplikasi "Command Prompt" yang ada pada windows yang fitur telnet nya sudah diaktifkan. Namun, Penggunaan telnet tidak dianjurkan dalam jaringan karena masalah keamanannya 

Sekian tutorial tentang 4 Cara Mengakses Mikrotik .

Admin TSN - The Small Notes 



Comments